Abuya Muhammad Dimyathi Cidahu bin KH. Muhammad Amin

       Abuya Muhammad Dimyathi atau paling dikenal dengan nama Abuya Dimyathi atau Abuya Cidahu adalah seorang 'Ulama yang kharismatik yang mana beliau juga adalah salahsatu tokoh Mursyid Thoriqoh Qodiriyyah Wannaqsyabandiyyah dan Thoriqoh Syadziliyyah di Banten. Beliau dikenal tidak hanya di daerah Banten saja, tapi beliau juga dikenal di Tanah Jawa. Beliau terkenal akan Ibadahnya, sebut saja ketika sholat tarawih bulan romadlon beliau selalu mengkhatamkan Al Qur`an dalam sholat tersebut, bahkan pada akhir hayat beliau mengkhatamkan Al Qur`an pada sholat tarawih ditambah 3 juz setengah. Dan dilaksanakannya sholat tarawih tersebut sekitar 6 jam 45 menit, yaitu sekitar dari jam 21.00 - jam 03.45.
       Untuk sejarahnya sudah tersedia buku biografi beliau dengan judul : "Manaqib Abuya Cidahu Dalam Pesona Langkah di Dua Alam". Disini saya hanya menceritakan sejarahnya sedikit saja, mungkin nanti saya bisa menulis sejarah para 'Ulama dan Waliyullah dilain waktu dan lain tempat.
       Abuya Muhammad Dimyathi bin KH. Muhammad Amin lahir di Kp. Kalahang, Pandeglang pada hari sabtu, 27 Sya'ban 1338 H/ 16 Mei 1920 M.
Semenjak menikah dengan istri pertama, Hj. Ashmah binti Abuya Jasir, beliau menetap di Kp. Cidahu, Cadasari, Pandeglang hingga akhir hayat. Beliau wafat pada malam jum'at pukul 02.50 tanggal 7 Sya'ban 1424 H/ 3 Oktober 2003 M. dan dimakamkan di Kp. Cidahu Masjid, sekitar 500 M dari kediaman. Berikut makam dan tempat ziarahnya.

Parkir ziarah & tempat istirahat


Tempat ziarah
Untuk petunjuk jalan melalui GPS Google Maps cukup ketik dengan kata kunci "makam abuya dimyathi"



0 Response to "Abuya Muhammad Dimyathi Cidahu bin KH. Muhammad Amin"

Post a Comment